Postingan

Menampilkan postingan dari Desember 2, 2017

Menyimak Daftar Investor Jepang di Indonesia: Negeri Sakura Tersebut Tetap Andalan Indonesia

Indonesia memang tak bisa dipisahkan dengan saudara tuanya, Jepang. Tak terkecuali di bidang bisis dan investasi. Jepang meruapakan salah satu negara penting bagi investasi dan kemajuan ekonomi Indonesia. Bila dilihat dari investasi asing pada 2017, selama dua kuartal saja, total investasi Jepang di Indonesia sudah senilai 2,8 miliar dolar AS. Artinya, kalau dibuat dalam satu tahun sudah akan lebih dari USD 5 miliar.

Memang menarik. Sekarang ini makin banyak investor Jepang yang mengincar Indonesia. Bila pada generasi pertama, investor Jepang yang masuk hanya industri berat seperti otomotif, elektronik dan pembangkit listrik, maka sekarang ini peminatnya makin beragam. Dari yang skala investasi per proyek diatas Rp 10 triiliun hingga yang Rp 100-500 miliar. Pemain Jepang di bisnis food, farmasi, IT, asuransi, jasa korporat, logistik, migas, general manufacturing, steel foundry, properti, bank, dan supporting industries kini juga berbondong2 ke Indonesia. Hal ini juga mudah dibaca dar…

Daftar Investor Tiongkok di Indonesia Makin Banyak: Nilai Investasi Satu Kuartal USD 2 juta

Berdasarkan data BKPM, secara total investasi PMA di Indonesia mencapai angka Rp 206,9 triliun. Angka total investasi PMA dan PMDN selama 2017 optimis akan bisa dipenuhi dimana BKPM memasang target realisasi investasi sebesar Rp 678,8 triliun. 
Nilai Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sendiri telah mencapai angka Rp 129,8 triliun selama satu semester. Jika realisasi PMA dan PMDN ditotal, maka realisasi investasi di Indonesia sepanjang semester pertama 2017 mencapai angka Rp 336,7 triliun.
Angka tersebut naik 12,9 persen jika dibandingkan pencapaian pada semester pertama tahun lalu. Pada 2016, realisasi investasi di Indonesia selama satu semester pertama hanya mencapai Rp298,1 
Bila dilihat dari investasi asing, jumlah investasi Tiongkok cukup besar, yakni dengan nilai investasi 2 miliar dolar AS. Lima besar Penanaman Modal Asing  pada triwulan kedua 2017 yakni Singapura [senilai 1,6 miliar dolar AS], Jepang [1,4 miliar dolar AS], Tiongkok [1,3 miliar dolar AS], Hong Kong [0,6 miliar…

Dari Daftar Investor Asing di Indonesia: Investor Singapura Kontributor Terbesar

Berdasarkan data BKPM, secara total investasi PMA di Indonesia mencapai angka Rp 206,9 triliun. Dari data tersebut, jumlah investasi asal Singapura yang paling besar. Singapura menjadi negara asing penyumbang investasi terbesar di Indonesia.
Pada triwulan kedua 2017, Singapura mengungguli Jepang yang berada di posisi kedua. Sebelumnya, pada triwulan pertama Singapura juga tercatat mengungguli negara-negara lain. Hal ini secara otomatis menempatkan mereka sebagai negara asing penyumbang nilai investasi terbesar di Indonesia.
Total selama satu semester ada 3,7 miliar dolar AS investasi masuk dari Singapura. Jika hanya dihitung pada triwulan kedua (April-Juni), Singapura tetap berada di posisi teratas. Dengan jumlah total investasi 1,6 miliar dolar AS, negara tersebut menyumbang 0,2 miliar dolar AS lebih banyak ketimbang Jepang. Hal ini turut dibenarkan melalui pernyataan Deputi Bidang Pengendalian dan Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM, Azhar Lubis.
Di peringkat kedua adalah Jepang denga…

Dari Daftar Investor Jerman: Investor Yang Satu Ini Siap Gelontorkan Investasi Rp 1,4 triliun

Investor asal Jerman, Kohler, siap perkuat investasi di Indonesia. Perusahaan global di industri furniture spesialis kamar mandi dan produk dapur ini akan menginvestasikan dana  USD 100 juta untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia sebagai pasar yang dianggap potensial. Pada tahap awal pihaknya fokus ke produk keramik.
Dana tersebut diperuntukkan membangun pabrik manufaktur perdananya di Indonesia, berlokasi di Cikarang, Jawa Barat, yang hari ini digrounbreaking oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto diwakili Direktur Jenderal Industri, Kimia, Tekstil dan Aneka Achmad Sigit Dwiwahjono.
Pabrik tersebut rencananya memulai proses produksi akhir 2019 untuk membuat produk berbahan kaca keramik guna memenuhi kebutuhan pasar Indonesia. Kohler menilai bahwa Indonesia potensi pasar yang baik dan merupakan target pasar strategis yang sedang berkembang pesat.

"Tim saya sudah beri tahu bahwa butuh 2 tahun proses pembangunan pabrik ini. Ini semacam harus men-challenge dan menantang …

Daftar Investor Korea Makin Bertambah, Ada Dua Lagi Yang Akan Tanam Modal di Kabupaten Batang

Investor Korea juga semakin meninati Jawa Tengah. Kali ini kabupaten Batang yang menjadi incaran. Dilaporkan, ada dua investor asal Korea siap membangun pabrik garmen dan makanan di Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Yakni PT Kukdong dan PT Fit Food Industry.
Nilai investasi PT Kukdong ditaksir tak kurang dari Rp 125 miliar dan diperkiraan mampu menyerap 3.000 tenaga kerja. Sedangkan PT Fit Food Industry akan menanamkan modal senilai Rp 25 miliar. 
Sumber dari pejabat setempat mengatakan, alasan ketertarikan investor asing menanamkan investasinya di wilayah Kabupaten Batang ini karena kondisi daerah kondusif. Ketertarikan dua invstor asing itu sudah dituangkan pada 'Letter of Interest (LoI)' yang ditandatangani oleh Bupati Batang, Wihaji dengan investor pada acara 'Central Java Investment Business Forum (CJIBF)' yang dipusatkan di Hotel Solo Paragon, Surakarta.
Selain melakukan penandatanganan "LoI", kata dia, Bupati Batang bersama calon investor lain melakukan …