Postingan

Menampilkan postingan dari November 28, 2017

Investasi Sektor Manufaktur Perlu Diberikan Insentif

Ketua Dewan Pimpinan Nasional Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Danang Girindrawardana menuturkan, industri manufaktur di Indonesia tetap tumbuh, tetapi melambat. Padahal, industri manufaktur merupakan sektor yang paling memengaruhi pertumbuhan ekonomi, karena menarik investasi dan menyerap banyak tenaga kerja.
Pemerintah, kata dia, perlu memberikan insentif agar industri manufaktur semakin tumbuh dan berkembang. Jika kondisi manufaktur dibiarkan melambat, hal itu bisa memicu deindustrialisasi. "Indonesia punya potensi menjadi negara industri, tinggal diberikan insentif yang tepat," ujar dia.
Dalam pandangan dia, beberapa insentif yang diperlukan untuk mendorong pertumbuhan industri manufaktur adalah menurunkan harga energi, terutama gas, dan meningkatkan elektrifikasi. Harga gas untuk energi masih mahal, mencapai US$ 8 per mmbtu. Alhasil, banyak sekali pelaku industri yang teriak agar harga gas bisa diturunkan ke level yang paling ideal, sekitar US$ 6 per mmbtu. 
Harga…

Sejumlah investor Jiangsu minat investasi di ndonesia.

Sejumlah investor asal Provinsi Jiangsu, China tertarik berinvestasi di Indonesia. Tak hanya investor swasta, beberapa investor dari perusahaan pelat merah China di Jiangsu juga tertarik investasi di Indonesia.
Ketertarikan investasi di Indonesia disampaikan oleh pengusaha dari Provinsi Jiangsu tersebut saat berkunjung ke Indonesia. Setidaknya, ada 20 orang delegasi Provinsi di wilayah Timur China ini yang datang ke Indonesia.
Chairman RSM Indonesia Amir Abadi Jusuf, yang menemui  delegasi itu bilang, keingintahuan investor dari Jiangsu sangat tinggi. Bahkan, delegasi tersebut telah melakukan perjalanan ke beberapa pabrik yang ada di Indonesia. "Mereka ingin mengetahui doing business di Indonesia," kata Amir, Senin (13/6).
Asal tahu saja, Provinsi Jiangsu ada di pesisir timur China dan merupakan salah satu provinsi yang memiliki keunggulan di bidang manufaktur elektronika, telekomunikasi, dan komponennya. Ada juga industri petrokimia, tekstil, industri logam dan permesinan.

Inkindo Sambut Baik Investor Global ke Indonesia

Asosiasi Konsultan Indonesia (Inkindo) mendukung sepenuhnya kehadiran investor internasional datang ke Indonesia sejalan dengan pembangunan berbagai infrastruktur yang dilaksanakan pemerintah dewasa ini.
Hal tersebut menyusul peran konsultan yang cukup strategis dalam menentukan datangnya investor, mengingat konsultan merupakan orang pertama yang dimintai pertimbangan sebelum investor melakukan investasi di suatu negara.
Demikian disampaikan oleh Ketua Asosiasi Konsultan Indonesia (Inkindo), Nugroho Pudji Rahardjo di sela-sela penutupan "FIDIC International Infrastructure Conference 2107" dengan tema "Infrastructure Resilient - Improving Life" yang dilaksanakan Inkindo bersama FIDIC (the International Federation of Consulting Engineers).
Sementara itu, wakil ketua Inkindo bidang hubungan internasional, Jimmy Sardjono Michael menyampaikan peran konsultan semakin penting sejalan dengan semakin besarnya investor dari kalangan swasta sebagai sumber pendanaan dalam pem…

Indonesia Makin Diminati Kalangan Investor Asing

Indonesia makin menjadi primadodan bagi kalangan investor asing, seiring mulai pulihnya perdagahgan internasional dan industri manufaktur merupakan salah satu sektor yang paling diminati. "Iklim perdagangan global terutama di kawasan Asia paling cepat pulihnya. Pulihnya perdagangan global ini akan mendatangkan manfaat bagi Indonesia karena perbaikan kondisi ekonomi," kata Ketua umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Suryo Bambang Sulisto di Jakarta, Rabu (8/8).
Tingginya pangsa pasar di Indonesia, menurut Suryo, terkait jumlah penduduk yang besar, jumlah tenaga kerja yang tersedia, serta kemungkinan peningkatan produktivitas sektor tenaga kerja dan ketersediaan bahan baku merupakan nilai tambah bagi investasi asing yang masuk.
"Sisi positif lainnya, stabilitas politik dan keamanan serta ruang bagi penerapan mekanisme pasar yang terbuka lebar merupakan kondisi yang membuat banyaknya minat investasi asing di Indonesia," paparnya.
Pasar yang skala besar ini…