Postingan

Menampilkan postingan dari Juli 2, 2017

Industri Batik di Indonesia Bak Terlahir Kembali

Dipicu sejumlah faktor, industri batik Indonesia yang sempat terpuruk kini mulai bangkit kembali. Antusiasme pelaku bisnisnya kini semakin menggelora. Bagaimana geliatnya?


Siang itu, 17 Maret 2011, suasana konter Batik Lasem di ruang pameran JHCC Jakarta cukup riuh. Sekelompok ibu-ibu tampak membolak-balikkan beberapa potongan batik seraya menanyakan  harga batik yang dipegangnya kepada beberapa tenaga penjual yang ada di konter itu.  Tak kurang dari 7 pengunjung berada dalam konter, sementara 10-an orang lainnya  tengah antri di luar konter. Batik Lasem memang termasuk peserta pameran yang  laris-manis pada event pameran yang menampilkan ratusan pengrajin binaan BUMN-BUMN  dengan berbagai bidang usaha itu. Ya, laris-manis. Setidaknya, hal itu mudah  diketahui dari konter Batik Lasem yang selalu dipadati pengunjung selama 5 hari  pameran, dari tanggal 16-20 Maret 2011.   
Kegairahan suasana konter Batik Lasem pada pameran pengrajin-pengrajin binaan BUMN  itu memang telah terlalu berlebi…

Di Balik Menanjaknya Pertumbuan Bisnis Shell Lubricant

Di tengah sulitnya penetrasi merek asing di bisnis pelumas, Shell Lubricant berhasil tumbuh baik di Indonesia. Mau tahu strateginya?

“It’s always about timing. If it’s too soon, no one understands. If it’s too late, everyone’s forgotten.” Kata-kata bijak dari penulis top dunia, Anna Wintour, ini memang cukup relevan untuk melihat kenyataan di dunia bisnis. Kepemilikan sumberdaya memang menjadi salah satu modal penting agar sukses di pentas bisnis, namun jangan lupa, faktor ketepatan dalam membidik momentum atau soal timing juga menjadi kunci yang krusial.  
Tampaknya prinsip itu juga dijalankan dengan baik oleh pengelola bisnis pelumas Shell di Indonesa. Pengelola Shell Lubricant Indonesia (SHI) tampaknya sangat jeli dalam membaca momentum bisnis. Mereka tahu persis kapan saatnya harus tiarap dan kapan harus berdiri tegak dan berlari. Pada masa-masa sebelumnya, terutama sebelum tahun 2000, bisnis pelumas Shell tampak dikelola dengan pola yang sangat low profile. Mereka cenderung berg…