Daftar Investor Jepang di Indonesia: Para Investor Dari Negeri Sakura Tetap Andalan Indonesia


Indonesia memang tak bisa dipisahkan dengan saudara tuanya, Jepang. Tak terkecuali di bidang bisis dan investasi. Jepang merupakan salah satu negara penting bagi investasi dan kemajuan ekonomi Indonesia. Bila dilihat dari investasi asing pada 2017, selama dua kuartal saja, total investasi Jepang di Indonesia sudah senilai 2,8 miliar dolar AS. Artinya, kalau dibuat dalam satu tahun sudah akan lebih dari USD 5 miliar.  Tak heran bila DAFTAR INVESTOR JEPANG mendominasi dari keseluruhan investasi asing di Indonesia. 

Memang menarik. Sekarang ini makin banyak investor Jepang yang mengincar Indonesia. Bila pada generasi pertama, investor Jepang yang masuk hanya industri berat seperti otomotif, elektronik dan pembangkit listrik, maka sekarang ini peminatnya makin beragam. Dari yang skala investasi per proyek diatas Rp 10 triiliun hingga yang Rp 100-500 miliar. Pemain Jepang di bisnis food, farmasi, IT, asuransi, jasa korporat, logistik, migas, general manufacturing, steel foundry, properti, bank, dan supporting industries kini juga berbondong2 ke Indonesia. Hal ini juga mudah dibaca dari makin banyaknya hotel khusus warga Jepang di jabotabek.

Bila dulu investor Jepang hanya berkutat pada nama-nama konglomerasi Jepang seperti Toyota, Mitsubishi, Nissan, Kao, Asahi, Panasonic, Komatsu, maka sekarang industrinya sangat beragam. Setidaknya itu berdasarkan data yang penulis terima tentang perusahaan-perusahaan Jepang peminat Indonesia. Bahkan mereka juga mengincar bisnis entertainment dan digital, selain sektor-sektor manufaktur dimana mereka terus melihat kesempatan.


Berdasarkan data BKPM, secara total investasi PMA di Indonesia mencapai angka Rp 206,9 triliun. Angka total investasi PMA dan PMDN selama 2017 optimis akan bisa dipenuhi dimana BKPM memasang target realisasi investasi sebesar Rp 678,8 triliun.  Nilai Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sendiri telah mencapai angka Rp 129,8 triliun selama satu semester. Jika realisasi PMA dan PMDN ditotal, maka realisasi investasi di Indonesia sepanjang semester pertama 2017 mencapai angka Rp 336,7 triliun. Angka tersebut naik 12,9 persen jika dibandingkan pencapaian pada semester pertama tahun lalu. Pada 2016, realisasi investasi di Indonesia selama satu semester pertama hanya mencapai Rp298,1 

Sekedar menginformasikan,  bila perusahaan  Bapak/Ibu yang membutuhkan investor  dari Jepang,  kami siap membantu menjodohkan dengan relasi kami. Silahkan kontak kami. 

HP / WA   :  0812 8554 5155  



Bacaan lain :

Lebih baru Lebih lama