Dari Daftar Investor Asing di Indonesia: Investor Singapura Kontributor Terbesar


Berdasarkan data BKPM, secara total investasi PMA di Indonesia mencapai angka Rp 206,9 triliun. Dari data tersebut, jumlah investasi asal Singapura yang paling besar. Singapura menjadi negara asing penyumbang investasi terbesar di Indonesia.

Pada triwulan kedua 2017, Singapura mengungguli Jepang yang berada di posisi kedua. Sebelumnya, pada triwulan pertama Singapura juga tercatat mengungguli negara-negara lain. Hal ini secara otomatis menempatkan mereka sebagai negara asing penyumbang nilai investasi terbesar di Indonesia.

Total selama satu semester ada 3,7 miliar dolar AS investasi masuk dari Singapura. Jika hanya dihitung pada triwulan kedua (April-Juni), Singapura tetap berada di posisi teratas. Dengan jumlah total investasi 1,6 miliar dolar AS, negara tersebut menyumbang 0,2 miliar dolar AS lebih banyak ketimbang Jepang. Hal ini turut dibenarkan melalui pernyataan Deputi Bidang Pengendalian dan Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM, Azhar Lubis.

Di peringkat kedua adalah Jepang dengan nilai investasi 2,8 miliar dolar AS, disusul Tiongkok dengan nilai investasi 2 miliar dolar AS.  Hongkong dan Amerika Serikat berada pada peringkat keempat dan kelima. Kedua negara tersebut masing-masing menyumbang nilai investasi 1 miliar dolar AS.

“Lima besar Penanaman Modal Asing  pada triwulan kedua 2017 yakni Singapura [senilai 1,6 miliar dolar AS], Jepang [1,4 miliar dolar AS], Tiongkok [1,3 miliar dolar AS], Hong Kong [0,6 miliar dolar AS] dan Korea Selatan [0,5 miliar dolar AS]," ujarnya sebagaimana dikutip Antara, Rabu (26/7/2017).

Posisi Singapura yang menjadi investor terbesar di Indonesia sebenarnya bukan hal mengagetkan. Maklum, posisi Singapore memang negara kaya yang lokasinya terdekat dari Indonesia. Yang kedua, Singapura juga menjadi hub bagi investor dari negara-negara lain, bahkan investor global. Banyak investor besar yang asalnya bukan dari Singapura namun menempatkan dananya di Singapura. Dana investasi mereka di-pool di Singapura. Sehingga ketika ada peluang investasi menarik di Indonesia mereka bisa cepat membidik dan menginvestasikannya di Indonesia. Padahal perusahaan pemilik asal dana itu bukan asli Singapura. Investor Singapura sendiri tipikalnya adalah investor keuangan yang dari sisi sektor bisnis yang dibidik mereka lebih fleksibel. Mereka lebih concern dengan prospek profitabiltas bisnis dan return.



Info penting lainnya tentang investor silahkan klik link berikut :


Lebih baru Lebih lama