Kinerja Metrodata : Laba Bersih 2016 Rp 220,7 Miliar, Target Penjualan 2017 Rp 11,1 Triliun


Emiten di bidang teknologi informasi dan komunikasi, PT. Metrodata Electronics Tbk (“Perseroan”), menginformasikan bahwa tahun 2017 ini  menetapkan target penjualan yang cukup optimis, sebesar Rp 11,1 triliun atau naik 10,2% dibandingkan tahun 2016. Tahun 2016 lalu Metrodata mencatat penjualan Rp 10,06 triliun, terutama dikontribusikan oleh Unit Bisnis Distribusi sebesar 77,6% dan sekitar 20,1% dari Unit Bisnis Solusi, serta sisanya berasal dari Unit Bisnis Konsultasi dan E-Commerce. Angka penjualan itu berarti sebuah kenaikan Rp 88,1 miliar atau  0,9% dibandingkan nilai penjualan 2015.


Metrodata memperoleh laba kotor sebesar Rp 806,3 miliar di tahun 2016 dan laba bersih sebesar Rp. 220,7 miliar, sedikit menurun yaitu sebesar 2,6% dibandingkan dengan laba bersih tahun 2015.

Pada kwartal pertama 2017 ini perseroan membukukan pendapatan sebesar Rp 2,16 triliun, sedikit menurun, yaitu 4,91% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2016. Adapun laba bersih sebesar Rp 45,07 miliar untuk kwartal pertama tahun 2017, naik 40,5% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2016.  Kenaikan laba bersih terutama disebabkan oleh penghematan beban bunga dari pengelolaan persediaan yang lebih efisien dan berkurangnya rugi kurs.

Metrodata menggarap bisnis TI meliputi unit bisnis Distribusi, Solusi, Konsultasi maupun E-Commerce.  Unit Bisnis Distribusi Perseroan, yaitu PT Synnex Metrodata Indonesia adalah merupakan Unit Bisnis terbesar dari Perseroan yang telah mendistribusikan jumlah produk dan merek TIK terbanyak dibandingkan dengan Perusahaan TIK lainnya. Produk yang dipasarkan lebih dari 45 merek TIK, mulai dari perangkat inti TIK seperti Notebook, PC, Printer, Server dan beragam piranti lunak, namun juga telah merambah kepada distribusi produk fitur phone dan smart phone sejak tahun 2014 yang lalu. 

Unit Bisnis Distribusi ini terus melakukan perluasan terhadap jenis produk yang dijual, di antaranya adalah solusi keamanan CCTV, komponen-komponen peralatan TIK (External Hard Disk, USB), dan beberapa perangkat Networking. Inovasi juga terus dilakukan dengan mengaplikasikan channel penjualan melalui platform B2B (Business to Business), dimana aplikasi ini memungkinkan para dealer/reseller membeli secara online baik untuk produk piranti keras maupun piranti lunak. Metrodata juga sudah masuk bisnis E-Commerce melalui entitas anak PT My Icon Technology dengan  web metrodataonline.com, bermain dengan model bisnis market place. 

Lebih baru Lebih lama