Ma Huateng, Orang Terkaya Asia Setelah Pemilik Alibaba. Siapa dia?


Bos Tencent Ma Huateng sempat menepati posisi pertama orang terkaya di Asia sebelum akhirnya disalip lagi oleh pemilik Alibaba dikarenakan saham Alibaba yang diperdagangkan di New York ditutup menguat 3,6% dan membuat kekayaan pemilik Alibaba, Jack Ma menjadi USD36,4 miliar atau USD 200 juta lebih banyak dari Tencent.


Ma Huateng untuk pertama kalinya menjadi orang terkaya di seluruh Asia. Bahkan, pertama kalinya dia mencapai peringkat pertama orang terkaya di China.

Keuntungan 2,95% saham Tencent di Hong Kong Stock Exchange menambahkan hampir USD1 miliar ke kekayaan Ma Huateng, yang senilai sekitar USD36,2 miliar di peringkat miliarder Forbes real-time. Itu dibandingkan dengan USD35,6 miliar untuk Jack Ma yang tergelincir ke posisi dua orang terkaya di China.


Tencent menawarkan beragam layanan dan produk populer termasuk pembayaran dan permainan, bersama dengan platform jejaring sosial populer WeChat.

Munculnya Tencent dan Alibaba menggarisbawahi bahwa pertumbuhan eksplosif dalam layanan dan konten online di China, negara berpenduduk paling padat di dunia dan negara dengan jumlah pengguna internet terbesar di dunia.

Sementara, Alibaba yang terdaftar di New York dikenal paling baik untuk perdagangan online dan gaya kepemimpinan Jack Ma. Tencent terdaftar di Hong Kong, perusahaan ini kurang dikenal di luar China, dan dipimpin oleh Ma Huateng dengan latar belakang teknik.

Lebih baru Lebih lama