Postingan

Menampilkan postingan dari Desember 6, 2016

Sekar Bumi Terus Ekspansi Pasar

Perusahaan produsen olahan hasil laut, PT Sekar Bumi Tbk berencana mengembangkan bisnisnya dengan melakukan ekspansi pasar. Saat ini Sekar Bumi telah mengekspor produknya ke puluhan negara, dimana pasar Amerika memberikan kontribusi 65%. Namun perusahaan publik tersebut akan memperluas pasarnya. "Kami berencana membuka pasar baru  di Afrika Selatan dan Eropa Timur, khususnya untuk produk makanan beku," tutur Harry Lukminto, President Director PT Sekar Bumi Tbk.
Sejauh ini produk utama Sekar Bumi adalah udang. "Kami juga ada produk perikanan lainnya tapi yang kami tonjolkan memang dalam bentuk yang sudah olahan. Kami juga sedang kembangkan seperti ada frozen tempe, frozen bumbu pecel, frozen pete. Itu merupakan produk baru yang kami mulai sejak tahun lalu, kemudian tahun ini kami kembangkan," kata Harry. Sekar Bumi tidak khawatir dengan krisis global. "Dengan adanya ekonomi global yang menurun ini sebetulnya merupakan oportunity, terutama untuk perusahaan-peru…

Ganoderma Sawit, Cara Pengendalian dan Pencegahannya Perlu Kiat Khusus

Ganoderma. Diantara problem utama yang dihadapi para pengelola perkebunan kelapa sawit di Indonesia adalah penyakit busuk pangkal batang yang disebabkan cendawan ganoderma boninense. Penyakit ini benar-benar menjadi musuh yang sadis karena dapat menyebabkan kematian kelapa sawit dan akibatnya bisa sangat merugikan. Hal ini terkait dengan sifat penularannya melalui tanah, angin dan serangga vektor.   

Ganoderma sendiri merupakan jenis cendawan patogenik tular tanah (soil borne) yang banyak ditemukan di hutan-hutan primer dan menyerang berbagai jenis tanaman hutan. Cendawan ini dapat bertahan di dalam tanah dalam jangka waktu yang lama. Serangan pada kelapa sawit menjadi dominan karena terjadi ketidakseimbangan agroekosistem di perkebunan kelapa sawit dan tidak adanya cendawan kompetitor dalam tanah, akibat menurunnya unsur hara organik dalam tanah dan aplikasi herbisida yang tidak bijaksana.
Pada tanaman kelapa sawit muda (TBM), gejala penyakit busuk pangkal batang (BPB) akibat ganode…