Postingan

Menampilkan postingan dari September 4, 2016

Strategi Sukses DataOn Memasarkan Aplikasi HR

Perusahaan-perusahaan piranti lunak dalam negeri nampaknya tak perlu lagi minder bersaing dengan software house multinasional sekelas SAP, Oracle, Peoplesoft, JD Edward dan sejenisnya. Nyatanya, banyak software house lokal yang sudah membuktikan bahwa produk mereka tak kalah hebat. Bahkan dalam banyak kasus, softwarehouse lokal lebih mumpuni dalam membantu manajemen informasi di perusahaan-perusahaan klien. Tak sedikit diantara mereka yang sudah mencapai level kemampuan itu. Satu diantaranya Dataon (PT. Indodev Niaga Internet), software house lokal yang mengusung merek DataOn.



DataOn selama ini lebih banyak bermain untuk software pengelolaan informasi SDM yang diberi nama SunFish Human Resources – namun juga mengeluarkan produk ERP (Enterprise Resources Planning). Tak salah kalau SunFish HR terbilang software yang sukses berkembang. Hal ini tak sulit dideteksi dari sederet portofolio kliennya yang terdiri dari perusahaan-perusahaan ternama.




Mulai dari Banpu Group, BCA Finance, Komats…

Rahasia Sukses dan Strategi Pemasaran Wim Cycle

Sudarmadi


Merek sepeda, Wim Cycle. Anak-anak tentu tahu merek sepeda ini. Mereknya cukup populer untuk sepeda anak, walaupun sepeda dewasa juga ada. Walaupun disergap sejumlah pemain asing, Wim Cycle bertahan sebagai pemimpin pasar sepeda, dan mampu meraih omset ratusan miliar rupiah per tahun.

Wim Cycle ternyata tidak hanya heboh sebatas di iklan, tapi juga kinerja pemasarannya. Produk sepeda asal Surabaya ini hingga sekarang bertahan sebagai pemimpin pasar di Tanah Air. Tiap tahun bisa meraih penjualan ratusan ribu unit.  Prestasi Wim Cycle, tentu, menjadi catatan menarik. Perusahaan ini berdiri akhir 1970-an, sudah 25 tahun lebih.

Sederet perusahaan sejenis yang lahir pada masa itu, sebagian besar telah mati, termakan bengisnya persaingan industri sepeda. Maklum, karakter persaingan di bisnis ini cukup rumit. Jorjoran diskon dan harga merupakan fenomena yang lumrah. Pasar sepeda juga sulit didekati dengan pendekatan pemasaran massal, sehingga biaya pemasarannya lebih besar. Apalag…