Indosat Bangun DRC Ketiga


Bisnis data center dan pengamanannya memang terus semakin menggiurkan di tengah makin pentingnya perusahaan dan lembaga publik untuk menyimpan dan mengamankan datanya. Tak heran bila vendor layanan seperti Indosat Ooredoo juga makin antusias untuk menggarapnya. Tengok saja, penyedia jasa telekomunikasi ini baru saja meluncurkan Disaster Recovery Center (DRC) yang ketiga dengan standar tier 3.

Seperti DRC pertama dan keduanya, DRC yang ketiga juga berlokasi di Jatiluhur, Purwakarta. Sertifikasi tier 3 berarti layanan data center ini telah menenuhi berbagai persyaratan yang ditetapkan Uptime Institute. Salah satu yang paling ditonjolkan adalah penggunaan dua sumber daya yang diusungnya.

Demi memastikan tak ada downtime sedikit pun, DRC 3 kepunyaan Indosat menggunakan pasokan listrik dari PLN dan juga Jasa Titra II. Itu belum termasuk mesin genset yang juga disiapkan Indosat kalau-kalau kedua sumber listrik mengalami kendala.

"Persyaratan tier 3 salah satunya adalah pasokan daya n+1. Kami sudah memenuhi itu dengan menggunakan dua sumber daya, bahkan kami menambahnya lagi dengan genset. Jadi bisa dibilang malah 2n+1," ujar Gidion S. Barus, Division Head IT Solution Indosat Ooredoo.

Bicara kapasitas, DRC 3 Indosat memiliki luas total yang mencapai 6.000 m2. Herfini Haryono, Director & Chief Wholesale Enterprise Indosat Ooredoo, mengatakan DRC 3 ini diharapkan bisa menjawab keberadaan PP Nomor 82 Tahun 2012 yang mewajibkan perusahaan yang beroperasional di Indonesia untuk menyimpan data-data penggunanya di dalam negeri.

Di sisi lain, kelebihan yang ditawarkan DRC 3 Indosat adalah tersedianya berbagai fasilitas tambahan yang bisa dimanfaatkan perusahaan, salah satunya adalah working area. Sehingga perusahaan bisa leluasa mengirimkan timnya untuk langsung melakukan maintain data center di lokasi.

Sementara itu soal komunikasi data Indosat memastikannya dengan dukungan kabel serat optik yang terhubung langsung ke Jakarta dan Bandung. Sambungan lain yang bisa dimanfaatkan adalah melalui hubungan satelit.

"Di dorong keberadaan PP Nomor 82 tahun 2012, DRC 3 di Jatiluhur ini menjadi alternatif pilihan terbaik bagi pelaku industri. Jatiluhur juga merupakan hub utama untuk jaringan komunikasi Indosat Ooredoo dan Lintasarta," kata Herfini. 


Lebih baru Lebih lama