Minggu, 18 September 2016

Kinerja Penjualan 2016 Tumbuh, Anabatic Perkuat Layanan Core Banking dan Beberapa Lini Layanan Baru








Meski secara umum perekonomian dan bisnis sedang melambat, perusahaan emiten TI terintegrasi PT Anabatic Technologies Tbk (ATIC) berhasil meningkatkan kinerja penjualannya pada Semester I 2016 ini, yakni tercatat sudah sebesar Rp 1,81 triliun. Dus, naik cukup besar dibanding penjualan periode sama tahun sebelumnya yang Rp 1,48 triliun.



Laporan keuangan perseroan menyebutkan beban pokok naik menjadi Rp 1,55 triliun dari beban pokok tahun sebelumnya yang Rp 1,25 triliun dan laba kotor naik menjadi Rp 252,93 miliar dari laba kotor periode sama tahun sebelumnya yang Rp 233,26 miliar. Adapun beban usaha naik menjadi Rp 189,69 miliar. Laba usaha turun sedikit menjadi Rp 63,24 miliar dibandingkan laba usaha periode sama tahun sebelumnya yang Rp 64,33 miliar. Laba bersih tahun berjalan mencapai Rp 29,68 miliar naik dari laba bersih tahun berjalan periode sebelumnya yang Rp 21,81 miliar. 



Dalam lima tahun terakhir kinerja PT Anabatic Technologies Tbk (ATIC) memang mengalami pertumbuhan bisnis yang cukup pesat. Anabatic kini telah masuk dalam Big Five group perusahan TI di Indonesia. Secara total, jumlah karyawan Anabatic Group mendekati 1.500 orang.



Anabatic memiliki empat unit bisnis utama, yakni sistem integration, value added distribution, IT outsourcing, dan business process outsourcing. Di bisnis sistemintegrasi, Anabatic dikenal sebagai salah satu pemain besar dalam penyediaan dan implementasi aplikasi inti di dunia perbankan (core banking system). Sudah banyak bank besar di Indonesia yang menggunakan solusi aplikasi Anabatic, baik untuk core banking system maupun modul-modul aplikasi pendukung. Selama ini Anabatic dikenal sebagai pemain besar di bidang layanan pengembangan aplikasi dan implementasi sistem core banking. 


Untuk memperkuat pelayanan terhadap sektor perbankan dimana keamanan sistem merupakan hal kritikal, Anabatic Group juga sudah menyediakan jasa cyber security yang dikelola di bawah PT Q2 Technologies. Sedangkan divisi business process oursourcing, dijalankan anak usaha Anabatic, PT Karyaputra Suryagemilang (KPSG). Beberapa jasa yang disediakan KPSG antara lain outsourcing untuk contact center, call center, human resources services, IT managed services, digital marketing, payroll processing, dan telemarketing. 



Saat ini Anabatic juga melakukan pengembangan ke cloud,  datacenter dan ecommerce. Kemudian, di bisnis distributor hardware TI, Anabatic Group memiliki anak usaha PT Computrade Technologies International (CTI) yang saat ini dipercaya mendistribusikan sederet merek global, seperti IBM, Microsoft, Oracle, Sun Microsystem, HP, EMC, dan Huawei.