Senin, 05 Januari 2015

235 Group Perusahaan Perkebunan Sawit di Indonesia


Bagi bapak-bapak dan ibu-ibu yang bisnisnya terkait perkebunan sawit, baik itu pemilik kebun, investor perkebunanan atau supplier untuk industri perkebunan sawit, saat ini sudah kami bukukan "235 Group Perusahaan Perkebunan Sawit di Indonesia" baik perusahaan milik pengusaha Indonesia atau perusahaan asing. Buku riset ini berjudul "235 Group of Companies in Indonesia Palm Oil Plantation: Your Partner for Future Growth". 

Intinya buku ini merupakan kumpulan (hasil riset) tentang perusahaan-perusahaan perkebunan sawit yang punya kebun di Indonesia (beroperasi di Indonesia) berdasarkan group kepemilikan bisnis itu. Karena yang dilihat adalah groupnya, maka, walapun misalnya di Sinarmas Group punya lebih dari 30 perusahaan perkebunan, maka hanya hanya dihitung satu. Demikian juga bila ada yang satu group perusahaan punya 5 atau 6 atau 8 perusahaan perkebunan sawit, mereka juga dihitung satu saja. Namun demikian, nama-nama anak perusahaan sawit di group itu tetap disebutkan satu per satu. Buku riset ini hanya dibuat dalam bahasa Inggris. 

 Buku ini tentu saja sangat relevan karena selama ini dari 235 group itu yang biasa terdengar kiprahnya hanya 10-an perusahaan yang memang sudah go public seperti Salim Ivomas, Sampoerna Agro, SMART, Astra Agro, DSN, dan BW Plantation. Sedangkan yang lain tidak go public di BEI, sehingga informasi soal perusahaan relatif minimal. Inilah pentingnya buku ini. Dengan buku ini bisa melihat mapping, siapa saja sebenarnya pemilik kebun di Indonesia itu dan berapa luas kebunnya. 

Buku setebal 250-an dan berbahasa Inggris ini penting bagi pelaku bisnis perkebunan sawit, terlebih bagi yang masih ekspansi mengembangkan kebun dengan cara akuisisi atau sinergi dengan perusahaan lain. Atau bagi pelaku usaha yang mencari partner dengan pelaku perkebunan sawit. Termasuk bagi perbankan korporat yang memang meminati untuk memberikan fund/loan di sektor perkebunan sawit. Buku tentu saja juga pasti berguna bagi perusahaan atau investor yang akan invest di bisnis perkebunan sawit di Indonesia. Buku riset ini adalah semacam direktori namun dengan penjelasan untuk masing-masing group perusahaan. 

Dari riset ini pembaca juga akan tahu informasi misalnya soal: - 

Penguasaan lahan (hektar) masing-masing group dan apa saja anak usaha perkebunan yang dimiliki group itu, termasuk jumlah land bank dan planted area-nya. Tentu saja termasuk contact address-nya, dan key persons di group itu. 

 - Akan tahu siapa saja pemain baru di bidang ini, siapa pemain besarnya, siapa pemilik (keluarga) yang mendirikan dan mengontrol group perusahaan itu? 
 - Group perusahaan mana saja yang termasuk pemain yang fast growing, mana yang pemain sudah 
mapan, dan mana yang termasuk giant? 
 - Siapa saja pemain (investor) asing yang sudah invest di Indonesia? Misalnya dari dari Eropa, India, Hongkong, Korea, China, Timur Tengah, Thailand, Srilangka, Amerika, dll. 
 - Siapa saja group perusahaan Malaysia yang disebut-sebut menguasai lahan di Indonesia itu? Seberapa besar land bank dia, planted area dan pabrik PKS-nya di Indonesia? 

 Untuk meriset ini kami butuh waktu dua tahun karena harus bergaul dengan para pemain di dunia perkebunan sawit agar bisa melakukan grouping dan mengetahui siapa pemiliknya. Riset buku ini dikerjakan oleh tim yang berpengalaman di bidang riset dan punya jaringan luas dengan pelaku perkebunan sawit. Bagi yang ingin mendapatkan laporan riset ini, HARGANYA sangat terjangkau, tidak akan ada artinya atau kecil bila dibandingkan kesuksesan perusahaan Bapak bila sukses melakukan akuisisi atau deal bisnis. 

Buku akan dideliver satu minggu setelah pesan karena harus kami cetak atas nama perusahaan Bapak pada halaman cover. 

Sudarmadi 
 Mobile : 081 384 160 988 
 darmadi2000@yahoo.com 
 sirdarmadi@gmail.com
 id.linkedin.com/pub/sudarmadi-swa/10/372/20a