Senin, 30 Maret 2009

Buku Penting Bagi Yg Ingin Sukses Merintis Bisnis Sendiri


Salam sejahtera buat semua

Just info bagi semua sahabat dan pembaca, khususnya yang sedang belajar bisnis dan yg ingin suatu saat punya bisnis sendiri. Jangan lewatkan buku Gramedia Pustaka Utama (GPU) tentang entrepreneurship berjudul " 10 PENGUSAHA YANG SUKSES MEMBANGUN BISNIS DARI O (NOL)" ditulis Sudarmadi. Buku ini sangat relevan dan dibutuhkan bagi yang ingin sukses memulai dan merintis bisnis sendiri. Buku ini mengulas kiat2 dan rahasia sukses 10 pengusaha besar yang sudah terbukti sukses membangun bisnis dari nol. Pengusaha yang diulas adalah mereka benar2 sudah terbukti sukses, dengan bisnis yang sudah mapan. Mereka ini sukses karena perjuangannya sendiri, bukan bisnis warisan ortunya sehingga sisi pembelajarannya cukup banyak yang diulas jatuh-bangunnya.

Ke-10 pengusaha ini bidang bisnisnya juga berbeda2. Ada yang bisnisnya fashion, aparel, tas, sepatu, tambang, jasa kurir/logistik, perikanan, jasa hukum, lelang, main dealer mobil/motor dan consumer good. Rata-rata karyawannya sudah ribuan. Mereka bercerita rahasia suksesnya dan hal-hal terpenting dalam merintis dan membesarkan bisnis. Buku ini cukup tebal... 390-an halaman..karena kisah dan jatuh-bangunnya saat perintisan diulas semua.

10-pengusaha1

Saya kira buku ini sangat perlu buat kawan2 peminat entrepreneur, dari sini kita bisa belajar dari orang yang sudah terbukti (proven) dalam membangun bisnis hingga skala besar. Diantara yang diulas, pengusaha tas dari Bandung pemilik tas merek Exsport, Eiger, Bodypack (dll) yang ternyata dia itu waktu memulai modalnya nggak sampai Rp 1 juta, namun kini omsetnya sudah ratusan miliar dan karyawannya 2.000 orang (belum termasuk ribuan pengrajin plasma yang diajak). Orang ini bercerita panjang-lebar kenapa sukses dan bagaimana sulitnya dulu dia menembus untuk bisa diterima sebagai pemasok di jaringan Matahari dan Ramayana.

Lalu, ada pengusaha perikanan dari Jatim alumni IPB yang dulu modalnya pinjam pamannya namun kini salah satu eskportir terbesar di Indonesia. Orang ini bisa kuliah karena sambi ngajar privat di SMA-SMA, orang tuanya nggak mampu. Tapi kini karyawannya 5.000 orang.

Ada juga mantan karyawan Astra yang kini sukses mengelola usaha sendiri di bisnis sepatu dan karyawannya juga sudah 9.000 orang. Padahal pengusaha sepatu ini awalnya hanya penjaga gudang di Batik Semar. Orang ini kepercayaan Nike di Indonesia.

Yang juga menarik, pengusaha kurir yang usianya belum genap 40 tahun namun sudah punya karyawan 2.000 orang. Orang ini dulunya supervisor di Dinners Club yang kemana2 gelantungan naik bus kota di Jakarta, tapi kini sukses membangun bisnis kurir dengan modal jual cincin mas kawin.

Bagi para peminat usaha di bidang dealer atau distributor, ada profil menarik Rudy Suardana. Dia pengusaha Kaltim yang sukses menjadi main dealer mobil dan motor Suzuki di Kaltim. Dia dulu dibesarkan di panti asuhan lho. Kawan-kawan bisa belajar bagaiamana sih inti bisnis dealership itu. Apa yang harus dilakukan kalau ingin survive.

Tak hanya itu, bagi para peminat bisnis consumer good seperti makanan, minuman, farmasi, dll, ada pengusaha muda yang bisa dipelajari. Dia pemilik Group Kino yang awalnya hanya distributor kecil namun lalu mengembangkan diri menjadi pemain besar di consumer good.

Ada juga pengusaha sukses di bisnis lelang. Beliau awalnya jualan kue namun terus rajin belajar dan membuat proposal. Makanya bisa berkembang bisnisnya dan kemudian menemukan dunia bisnis lelang. Dari sini kawan-kawan bisa tahu bahwa kalau punya ide dan gagasan bisnis, itu bisa dijual ke investor dan kita dapat saham lho!

Terus, bagi yang ingin sukses merintis bisnis hukum seperti lawfirm atau notaris, buku ini juga relevan karena ada pengusaha bidang hukum yang diprofilkan. Beliau awalnya hanya dimodali orang ketika buka kantor, lalu sukses berkembang menjadi lawyer BIG Ten di Indonesia. Padahal dia wanita lho... menarik deh...

Saya kira banyak hal penting dan perlu di jadikan inspirasi dan contoh dalam membangun bisnis. Menariknya buku ini, kita belajar dari orang2 yang sudah membuktikan, bukan sekedar teori. Buku ini bisa didapatkan di Gunung Agung, Gramedia, dan toko-toko buku besar lainnya.

Salam sukses